Iman Firmansyah

Foto : Sang Pemburu "impun" di Pantai Selatan





SANG PEMBURU "IMPUN' DI PANTAI SELATAN


Impun adalah sejenis Ikan kecil, Ikan seukuran korek api ini banyak di buru oleh masyarakat sekitar pesisir Palabuhanratu, mereka biasanya memburu "Impun" tersebut di pagi hari dan tradisi mereka dalam berburu "Impun" hanya satu kali persatu bulan di setiap tanggal 25 tahun hijriah.

Pak Aang salah satu penangkap impun yang sudah berusia 90 tahun dan sudah menangkap impun sejak usia 15 tahun mengakatakan Impun yang di buru oleh masyarakat palabuhanratu sangatlah susah di prediksi meskipun di tangkap setiap satu bulan terkadang impun ini tidak ada atau sangat banyak sekali karena impun in sangatlah susah di prediksi namun tetap di buru oleh sang pemburu impun.

biaasanya di bulan maret adalah masa panen impun banyak masayarakat yang berburu saat panen impun bahkan tidak hanya masyarakat palabuhuanratu masyarakat luar pun banyak yang senagaja datang untuk berburu impun di masa panen impun.

sang pemburu impun ini bukan profesi layakanya seperti nelayan namun biasanya impun yang mereka jaring untuk di makan sehari-hari bersama keluarga mereka namun impun ini banyak penggemarnya banyak juga impun hasil tangkapan masyarakat dijual ketika ada permintaan dari masyarakat yang mau membeli impun ini di jual dengan kisaran harga 70.000 Rupiah perkilogram.



Masyarakat  Pantai Citepus Palabuhanratu sedang menjaring impun di Pantai  Citepus Palabuhanratu (26/12/2016)


Pemburu Impun sedang menjaring impun di pesiri pantai Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi 

Para Pembburu Impun di pantai Citepus Palabuhanratu 

Pak Aang  Sudah  sejak usia 15 tahun  menggemari  memburu impun di pesisir pantai  saat ini pak aang sudah berusia sekitar 90 Tahun.



Mengeringkan jaring yang di pakai  para masyarakat palabuhanratu untuk menangkap "Impun " 

Potret Masyarakat Palabuhanratu penangkap impun 

hasil tangkapan masyarakat pesisir pemburu impun bulan ini impunya tidak banyak 


©2016 {iman Firmansyah }, imanfirmansyah.com - all rights reserved

Follow @imanFSY on Instagram 
Like dan Share This Photo

Tidak ada komentar

Posting Komentar